UM Tingkatkan Wawasan Good Governance

Surya 21 September 2016

Surya 21 September 2016

Surya 21 September 2016

UM Tingkatkan Wawasan Good Governance

MALANG, SURYA – Pengetahuan tentang cara membangun pemerintahan yang baik merupakan hal yang penting untuk dipelajari di Program Studi Akuntansi/ Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM). Kemarin, Selasa (20/9), sekitar 500 mahasiswa S2 program tersebut mendapat keilmuan tentang transparansi good governance, dengan tema ‘Transparansi Anggaran Menuju Good Government Governance’ di Aula Gedung D4, Universitas Negeri Malang (UM).
Asisten Direktur      1 Prof Dr Ery Tri Jatmika menjelaskan, pengetahuan tentang transparasi good governance ini perlu ditingkatkan untuk memberikan konsep tentang transparasi untuk diterapkan di pemerintahan.
“Kami mendatangkan Bupati Batang, Mayor Arh (Purn) Yoyok Riyo Sudibyo karena Kabupaten Batang merupakan satu di antara daerah yang memiliki inovasi keuangan. Sistem di sana juga bagus. Ada keterbukaan tentang transparasi dana yang bagus,” ujar dia.
Sementara itu, Yoyok membeberkan cara dia membangun pemerintahan yang baik. la mengatakan, pemerintahan yang baik ialah pemerintahan yang berpihak pada rakyat dengan transparasi. Salah satunya ialah selalu mengurhumkan setiap rupiah anggaran pemerintah ini dipakai.
Bahkan, transparansi itu ia sampaikan saat ia pertama kali dilantik menjadi Bupati Batang. Ia blak-blakan membeberkan anggaran daerah Yoyok menyebutkan, APBD di Batang Rp 1,67 triliun dengan PAD sekitar Rp 159 miliar.
Coba bayangkan, kalau dengan duit yang pas-pasan ini dikorupsi. Inilah yang kami jaga baik-baik. Saya mengakui, Batang itu istimewa tetapi tidak beruntung. Namanya saja sesekali disebut kalau pas mudik. Tapi sumber daya alam (SDA) kami memiliki potensi yang baik,”ungkapnya.
la menyebutkan, potensi SDA itu ialah pesisir, pertanian, serta dataran tinggi yang cocok untuk perkebunan kopi, teh, durian, (sun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *