Sua Firaun Giza

Surya 25 Agustus 2016

Surya 25 Agustus 2016

Surya 25 Agustus 2016

Sua Firaun Giza

JIKA berkunjung ke Mesir maka tempat yang wajib di kunjungi Piramida Giza yang menjadi ikon Mesir. pun saya memiliki kesempatan mengunjungi tempat ini disela sela tugas mengajar di mesir

Piramida Giza terkenal sebagai The Great Pyramid ini menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Piranida ini berada di kawasan Giza, dekat dengan kairo

Masuk ke tempat wisata ini, pengunjung dikutip 80 EGP atari setara Rp 100.000. Harga yang sepadan dengan apa yang bisa dinikmati di dalam kompleks piramida. Sayang saat saya ke sana tengah musim panas dan suhu di Piramida Giza mencapai 37-40 derajat Celcius. Suhu yang kurang bersahabat.

Piramida Giza ini dibangun sekitar tahun 2560 SM didalam kompleks piramida Giza ini terdapat tiga piramida besar yaitu piramida Khufu, Piramida Khafre  (anak Khufu), dan Piramida Menkaura (anakt khafre) dan piramida-pirainida kecil di sekitarnya.

Salain tiga piramida besar ini, di dalam kompicks Piramida Giza ini, juga terdapat patung Sohinx agung, patung manusia dipercayai sebagai penjaga dari piramida- piramida 7an8 ada di belakangnya.

Di komplcks mi juga terdapat panggung terbuka yang berlatar belakang kctiga piramida dan Sphinx lengkapi deretan tempat duduk dari batu yang berfungsi sebagai tempat menyaksikan pertunjukan bagi pengunjung. Seperti di Candi Prambanan, Indonesia, yang dilengkapiteater alam tempat pengunjung menyaksikan pertunjukan sendratari Ramayana.

Pada setiap piramida, terdapat ruang tempat menyimpan mumi raja dan juga berbagai kekayaan yang dlsimPan bersama. Pengunjung bisa masuk kedalam dengan membayar 100 EGP atau Sekitar Rp 125.000

Namun semua isi dari ruang ini sudah dipindahkan ke musium nasional, sebagai bentuk perawatan dan penjagaan dari tindak ilegal terhadap peninggalan-peninggalan bersejarah.

Selain itu, di komplcks piramida ada sudut di tengah padang pasir vang menjadi tempat favorit bagi penyuka foto panorama. Dari tempat ini pengunjung bisa mendapat kan view vane sangat bagus dari hamparan gurun pasir dan
kokohnya ketiga piramida.

Di kompleks piramida inilahpengunjung juga bisa naik unta atau hantour (semacam delman) dengan ongkos sekitar 20-30 EGP atau sekitar Rp 40.000 – Rp 50.000. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *