Oh Tidak, Jangan Naikkan Harga Rokok

Kliping Surya 22 Agustus 2016

Kliping Surya 22 Agustus 2016

Kliping Surya 22 Agustus 2016

Artikel : Ferril Irham Muzaki SPd Staf Akademik, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Oh Tidak, Jangan Naikkan Harga Rokok

BAKU saja penulis mendapat berita yang cukup mencemaskan dan mencengangkan, bahwa harga rokok sebentar lagi akan menginjak pada level 50.000 rupiah. Menurut pendapat penulis alangkah baiknya jika kebijakan itu dikaji dan diberi pemilihan tentang jenis-jenis rokok apa saja yang mesti dinaikkan dan jenis rokok apa saja yang .mesh tidak dinaikkan. Mengpa begitu?

Pertama, rokok perlu dikaji dahulu cara pelintingannya. Dasar argumennya adalah ada rokok yang dibuat dengan cara dilinting oleh warga, ada rokok yang dilinting secara industri, ada rokok yang dilinting secara mesin, ada pula rokok yang dilinting di luar negeri (impor), ini yang perlu dikaji secara seksama.

Kedua, rokok perlu juga dilihat bahan bakunya. Apakah bahan bakunya mengambil dari petard lokal secara penuh, ataukah justru malah terlibat dalam proses pemberdayaan,petani. Konteks ini perlu disikapi secara bijak oleh pemerintah Republik Indonesia.

Ketiga, jika ingin memperoleh sumber pemasukan lain, ada sumber lain yang bisa diandalkari, yaitu minyak Shalin atau Shale Gas. Bahan bakar jenis ini diperoleh dengan cara memecah fracking dari batu-batuan Shale atau yang disebut dengan batu api (konteks Indonesia). Menurut UiS. Geological Department Shale Gas di Indonesia sudah ada sumbernya yaitu di wilayah Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Keempat, pemerintah perlu memperhahkan pula pabrik rokok yang memberikan sumbangsih kepada Universitas dan dunia pendidikan. Contohnya, program foundation yang memberikan bantuan berupa dana pendidikan (beasiswa) dan dana pengembangan universitas bempa sumbangan fasilitas pendidikan, seperti kolam renang tertutup (indoor), RS pendidikan berikut perlengkapan untuk Fakultas Kedokteran, 10 ambulance, 25 mobil SUV (Sport Utility Vehicles) 2400 cc, 10 kendaraan taktis untuk satpam, 18 sedan dengan kapasitas 1800 cc, dan 12 truk kebersihan di tiga kampus.

Selain itu, ada pula pembangunan hotel bintang 5 pendidikan di tiga kampus. takaan dan sumbangan 4 helikopter lengkap dengan hellipad di tiga kampus dalam satu universitas yang saling berjauhan, demi kelancaran komunikasi antar kampus.

Atas dasar itulah jangan menaikkan harga rokok, yang akan merugikan banyak pihak, terutama yang benar-benar memerlukan dan membutuhkan. Jangan naikkan harga rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *