Sungai Bukan Tempat (Buang) Sampah

surya ,5 agustus 2016

surya ,5 agustus 2016

surya ,5 agustus 2016

Artikel : Kautsar Saleksa Staf di Universitas Negeri Malang

Sungai Bukan Tempat (Buang) Sampah

PERNAH melihat orang membuang sampah rumah tangga di sungai? Sungguh perbuatan yang tidak baik dan dapat merusak lingkungan sekitar sungai. Aliran sungai yang sebenamya memiliki berbagai fungsi positif dan memberikan banyak manfaat, haras tercemar oleh sampah yang dibuang sembarangan.

Berbagai alasan kerap kita dengar saat seseorang memutuskan membuang sampah di sungai. Alasan yang paling sering dilontarkan antara lain ketidaktersediaan tempat sampah dirumah, malas membayar iuran sampah dan memilih membuangnya sendirk hingga terpancing untuk ikut-ikutan saat melihat tetangga membuang sampah di sungai.

Harus ada kesadaran dari masing-masing individu tentang manfaat sungai dan bahayanya membuang sampah di sungai. Terkadang seseorang yang membuang sampah di sungai lupa atau tidak sadar bahwa perbuatannya tersebut telah merugikan banyak pihak, tidak hanya dirinya namun juga orang lain.

Dampak negatif membuang sampah ke sungai menjadikan aliran air terhambat. Semakin banyak limbah rumah tangga yang menumpuk akan menjadikan aliran sungai tersebut tersumbat.

Banjir menjadi dampak yang paling besar dari tersumbatnya sungai karena tumpukan sampah. Kerugian lain yang ditimbulkan dengan menumpuknya sampah di sungai adalah bau tidak sedap, daerah aliran sungai (DAS) tercemar, kematian dari beberapa makhluk hidup penghuni sungai karena keracunan sampah, dan kualitas air yang menurun.

Biasanya efek jera dari membuang sampah di sungai ini dapat kita lihat setelah terjadi bencana seperti banjir. Banyak orang yang akhimya tersadar bahwa perbuatannya selama ini telah merugikan banyak pihak.

Budaya membuang sampah di sungai haras kita akhiri segera. Haras ada tindakan tegas dari masing-masing individu bila melihat orang membuang sampah di sungai dengan mengingatkannya secara baik-baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *