Jaga Keselamatan Anak di Angkutan Umum

Surya, 28 Juni 2016

Surya, 28 Juni 2016

Artikel: Nayli Fadhilah Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Jaga Keselamatan Anak di Angkutan Umum

ANGKUTAN umum menjadi transportasi pilihan di Kota Malang yang hampir tidak pemah sepi penumpang. Penumpang yang menggunakan jasa angkutan umum pun beragam, termasuk anak-anak.

Mereka yang berusia di bawah tujuh tahun membutuhkan pengawasan orang tua ketika berada di dalam angkutan. Anak-anak cenderung tertarik dengan pemadangan di luar angkutan baik kendaraan yang melintas di sepanjang jalan atau tempat-tempat tertentu.

Kejadian yang pemah saya temui adalah kejadian anak laki-laki yang ditegur ayahnya berkali-kali di dalamangkutan karena kaca jendela angkutan terbuka, sehingga dengan mudah anak tersebut mengeluarkan tangan dan melongokkan kepala ke luar angkutan. Apa yang dilakukan anak adalah hal yang berbahaya, sehingga memang seharusnya orang tua menegur sekaligus segera bertindak dengan menu tup kaca jendela.

Kondisi pengap di dalam angkutan adalah hal yang biasa sehingga kaca jendela sering dibiarkan terbuka.Namun sebaiknya patut diwaspadai apabila diantara penumpang yang menaiki angkutan umum adalah anak-anak. Orang tua yang bersama anak-anak hams selalu mengawasi sang anak sehingga mereka tetap selamat dan aman.

Nayli FadhilahMahasiswa Universitas Negeri Malang fadhilahnayli@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *