ADA 798 KURSITAMBAHAN JALUR SBMPTN

Malang Post, 28 Juni 2016

Malang Post, 28 Juni 2016

ADA 798 KURSITAMBAHAN JALUR SBMPTN

MALANG – Ini imbauan kepada peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), segeralah menambah kecepatan kuota internet anda. Pasalnya, hari ini hasil ujian SBMPTN akan diumumkan melalui laman http;// pengumuman.sbmptn.ac.id, mulai pukul 14.00 WIB.

Ketua Rayon 55 SBMPTN, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd mengatakan, pendaftar mulai bisa melihat lolos atau tidaknya usaha mereka melalui laman tersebut. Selain itu, peserta dapat melihat pengumuman di laman masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju.“Misalkan kalau di UM bisa mengakses laman UM, www. um.ac.id,” ujar Wakil Rektor I UM tersebut.

Setelah itu, dalam laman tersebut peserta yang lolos akan mendapat informasi terkait registrasi ke PTN raasing-masing. Hariyono menambahkan, sesuai dengan peraturan dari Kemenristek-Dikti dan panitia pusat SBMPTN, tahun ini kuota penerimaan SBMPTN adalah sebanyak 30 person.

“Sehingga untuk SBMPTN tahun ini UM menampung sebanyak 1.900 mahasiswa dari peminat sebanyak14 ribu,” papamya.Sedangkan Universitas Brawijaya (UB) menerima sebanyak 4.000 mahasiswa dari peminat SBMPTN
sebanyak 85 ribu pendaftar. Sedangkan UIN peminatnya sebanyak 10.540 peserta sementara kuota untuk jalur SBMPTN adalah sebanyak 798 mahasiswa.

Hariyono menjelaskan, tahun ini program studi (prodi) dari jalur Seleksi Nasional Masuk PerguruanTinggi Negeri (SNMPTN) yang tidak diproses oleh mereka yang dinyatakan lolos, akan dialihkan untuk penambahan kuota
SBMPTN.

Adapun tujuan dari penerapan kebijakan baru tersebut adalah untuk pemenuhan kebutuhan kuota dari masing-masing universitas. “Supaya ada yang tidak belong ketika banyak yang tidak mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN,” ujamya.

Sekaligus, ini menjadi angin segar bagi peserta yang awalnya tidak lolos. “Berdoa saja supaya masuk dalam jajaran yang lolos SBMPTN,” tukasnya. la menjelaskan, di UM, mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN adalah sebanyak 2.604 orang, namun yang melakukan proses daftar ulang sebanyak 2.269 mahasiswa. Sehingga ada peluang 335 yang dilimpahkan ke penambahan kuota SBMPTN.

Sementara Wakil Rektor I UB pernah ditemui dalam sebuah kesempatan mengatakan, terdapat 4.794 peserta yang lolos jalur SNMPTN, sedangkan yang melakukan proses daftar ulang hanya 4.714 peserta. Sehingga, peluang pengalihan kuota dari SNMPTN ke SBMPTN adalah sebanyak 80 orang.

Sementara itu. Dr. Zainuddin, Wakil Rektor I Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim menerima data proses daftar ulang mahasiswa lolos SNMPTN sebanyak 286 siswa dari jumlah total yang diterima sebanyak 669
mahasiswa. Sehingga, peluang kuota SBMPTN UIN bertambah menjadi 383 mahasiswa. (nia/oci)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *