Bakso Bakar untuk UMengajar

Koran Surya, 23 Juni 2016

Koran Surya, 23 Juni 2016

Artikel: DEFRI EKO WIDYANTORO Mahasiswa Fakultas llmu Sosial 
Universitas Negeri Malang fb.com/defri eko widyantoro

Bakso Bakar untuk UMengajar

SEKELOMPOK mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam
UMengajar, memanfaatkan bulan puasa dengan berjualan takjil. Setiap sore menj- elang buka puasa mereka menjajakan dagangannya di depan gerbang kampus UM Jalan Surabaya.

Selain takjil mereka juga berjualan bakso bakar serta kue kering. Widiawati Soeharto,
koordinator kegiatan ini mengatakan tujuan berjualan takjil ini salah satunya untuk
mencari tambahan dana dalam kegiatan mengajar yang dilakukan UMengajar.

“UMengajar ini kan gerakan mahasiswa yang peduli pendidikan khususnya di Malang, dalam hal operasional UMengajar berusaha mencari dana denganberbagai cara, jua- lan ini salah satunya,” terangnya

Untuk menarik pembeh, Widia dan teman-temannya memasang foto-foto kegiatan UM engajar selama pengabdian plus tulisan ‘Buy=Donate’ yang dipasangdi stan mereka. Setiap pembeli akan diberikan selembar kertas berisikan tulisan ‘dengan membeli pr- oduk kami berarti Anda telah berdonasi untuk pendidikan di Malang Raya. Terima- kasih sudah berbagi. Satu kali donasi Anda berarti satu anak tangga bagi cita-cita anak bangsa”

UMengajar adalah gerakan mahasiswa di UM yang peduli pendidikan. RuangĀ  gerak mereka di kisaran sekolah dasar yang berada diĀ  Kabupaten Malang. Meski namanya mengajar, yang mereka lakukan bukan menggantikan posisi guru layaknya seorang
guru professional. Mereka lebih pada pengembangan skill anak-anak seperh mem- buat kerajinan tangan, memberi motivasi hingga memperkenalkan permaina-perm- ainan tradisional yang mulai hilang terbawa arus globalisasi.

Widia menambahkan,lewat kegiatan ini UMengajar ingin mengampanyekan bahwa mendidikan setiap anak bangsa menjadi tanggung jawab bersama, khususnya maha- siswa. “Kami berharap UMengajar semakin dikenal luas masyarakat dan UMengajar sebagai pelopor penggerak pendidikan di kalangan warga kampus,” harapnya.

Hasil dari berjualan takjil ini sepenuhnya digunakan untuk operasional gerakan UMengajar,sepert menyediakan media pembelajaran, bahan-bahan membuat kerajinan, dansemua kebutuhan penunjang kegiatan lainnya.(http://surabaya.Mbun-news.com/2016/06/22/bak-so-bakar-untuk-mengajar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *