LULUSAN BERKUALITAS. Malang Post 28 Mei 2016

LULUSAN BERKUALITAS. Malang Post 28 Mei 2016

LULUSAN BERKUALITAS. Malang Post 28 Mei 2016

MAN 3 MALANG LAHIRKAN

LULUSAN BERKUALITAS

Miliki Good Mental and
Attitude, Lolos PTN Temama

MALANG -Sebanyak 218 siswa kelas XII MAN 3 Malang mengikuti acara wisuda, Sabtu (28/5) hari ini. Sebagai lulusan madrasah yang unggul di segala bidang, mereka disiapkan menjadi sosok profesional yang berkualitas dengan memiliki good mental and attitude. Hal inilah yang disampaikan Dr. Hj. Binti Maqsudah, M. Pd selaku kepala madrasah.

Kepada Malang Post, Binti mengatakan kualitas yang diharapkan dari setiap lulusan MAN 3 Malang adalah kualitas di bidang akademik dan non akademik yang ditunjang dengan akhlak yang mulia. Meski tidak mudah
namun MAN 3 Malang dengan sistem manajemen pendidikan yang dibangun selama ini berupaya mencapai tujuan tersebut.

“Memang hal ini mudah diucapkan tapi sulit untuk diwujudkan. Dibutuhkan kerjasama antar civitas akademika dan didukung oleh stakeholder yang ada,” ungkapnya.

Dan para lulusan MAN 3 Malang, termasuk tahun ini, telah menunjukkan kualitas kompetensi mereka sebagai lulusan madrasah yang berkualitas. Terlihat dari banyaknya lulusan yang telah diterima di beberapa Per-
guruan Tinggi favorit melalui jalur SNMPTN. Diantaranya di Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajahmada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga, Univesitas negeri Malang; UIN Maulana Malik Ibrahim, Institute Teknologi Sepuluh November dan Universitas Diponegoro.

Binti Maqsudah merasa bangga akan pencapaian peserta didikya yang diterima Perguruan Tinggi temama di Indonesia. la yakin malalui jalur selanjutnya, yakni SBMPTN, lulusan MAN 3 Malang juga akan banyak yang diterima. “Alhamdulillah kalau kita melihat dari nilai UN tahun ini hasilnya sangat bagus. Meskipun ini tidak menentukan kelulusan, tapi melihat rata-rata nilai yang
semakin meningkat dari tahun sebelumnya, sudah layak dijadikan salah satu indikator keberhasilan mereka,” katanya.

Upaya MAN 3 Malang dalam mencetak lulusan berkualitas di segala bidang telah diakui oleh banyak kalangan. Berbagai prestasi pun diraih oleh siswa baik dari Program IPA, IPS, Bahasa dan MAKBI.

Salah satunya dengan delapan medali OSN yang mereka borong tahun ini. Yaitu empat medali perak dan empat medali perunggu. Serta yang membanggakan, MAN 3 Malang menjadi madrasah dengan perwakilan siswa terbanyak Jawa Timur dalam ajang olimpiade paling bergengsi di Tanah Air ini.

Binti menjelaskan selain empat program studi yang ada di MAN 3 Malang, pihaknya juga membuka kelas olimpiade khusus siswa yang menggemari mata pelajaran tertentu. Seperti kimia, hsika, matematika, biologi, geografi, ekonomi, kebumian, astronomi dan lain-lain.

Ada juga kelas Karya Ilimiah Remaja khusus bagi siswa yang senang menulis karya ilmiah. Di dua program inilah mereka dibina oleh gum untuk dapat mengembangkan potensi masing-masing. “Kita berikan binaan dan perlakuan khusus yang menunjang kompetensi mereka, termasuk di bidang olahraga dan seni kreatifitas,” ujar Binti.

Sementara yang menjadi prioritas MAN 3 Malang yaitu pembinaan ibadah dan akhlak. Dilakukan dengan berbagai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan dengan istiqoamah. Program mengaji, salat berjamaah, salat sunah duha dan zikir bersama menjadi mtinitas siswa MAN 3 Malang hingga saat ini.

Maka keunggulan dalam prestasi dan kemuliaan akhlak yang menghiasi dirt lulusan madrasah di Man Bandung ini, diharapkan dapat dipertahankan dan terns ditingkatkan. Meskipun mereka telah berada di lingkungan perguruan tinggi atau bahkan hingga terjun di masyarakat. “Apalagi saat ini telah memasuki era MEA, tentu persaingan semakin ketat. Kami berharap mereka menjadi sosok yang profesional dengan tetap memegang kokoh nilai dan ajaran agama,” pungkasnya.

Senada dengan hal itu Waka Humas MAN 3 Malang, Budi Widodo, S. Pd berharap lulusan MAN 3 Malang sampai kapanpun tetap menjadi insan yang berjiwa islami. Ajaran agama terns dijalankan dengan istiqomah meskipun
keberhasilan telah mereka capai. “Inilah yang kami harapkan dari mereka (lulusan),” imbuhnya.(imm/sir/ary)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *