Jawa Timur Juara Umum LKS SMK Nasional. Koran Surya, Minggu 29 Mei 2016

Jawa Timur Juara Umum LKS SMK Nasional. Surya 29 Mei 2016

Jawa Timur Juara Umum LKS SMK Nasional. Surya 29 Mei 2016

Jawa Timur Juara Umum LKS SMK Nasional. Koran Surya, Minggu 29 Mei 2016

JAWA TIMUR dinobatkan sebagai juara umum LKS (Lomba Kom-
petensi Siswa) SMK nasional ke24 di Kota Malang, Jumat malam 127/5/2016)/

Pengumuman pemenang dilak-sanakan di gedung Craha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM). “Dan..juara umumnya adalah… Propinsi Jawa Timur,” teriak MC acara penutupan LKS SMK.

Kemudian terdengar sorak sorai kegembiraan dan tepuk di antara para undangan. Sementara itu, sua-sana pengumuman dibuat deg-degan. MC acara awalnya banya memanggil ketua kontingen lima besar propinsi yang memperoleh medali
terbanyak. Lima orang kemudian maju ke panggung.

Nominasinya adalah Provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Daerah
Istimewa Jogjakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat.Namun kemudian terpilih sebagai juara umum adalah Provinsi JawaTimur.Medali yang diperoleh antara lain 9 medali emas,10 perak, 11 perunggu dan sejumlah medali juara harapan 1 dan 2.

Total yang dikumpuikan Jawa Timur ada 192 poin. Kadindik Jawa
Timur, Saiful Rahman menerima piala bergilir. Jatim sebagai juara umum sudah diperkirakan dari pengumuman para juaranya. Beberapa bidang lomba menang. Mulai dari juara harapan 1 dan 2

Sejumlah jawara tampil dari SMK di Kota Malang. Seperti biĀ¬
dang animasi, ada siswa SMKN 4 Kota Malang yang mendapat penghargaan juara harapan 1.

Kemudian Gaiang Bimandra, juara 1 bidang refrigator dari SMKPGRI 3 Kota Malang, bidang caring/ pekerjaan sosial, juara 1 diraih oleh siswa SMKN 2 Kota Malang, Isnaini.Bidang Autobody Repair diraih Yasmuji, juara 3 dari SMK PGRI 3 Kota Malang.

“Ini kemenangan semua SMK di Jatim. Bukan hanya SMKN tapi juga SMK swasta,” komentar Saiful Rahman, Kadindik Jatim usai acara.

Meraih kemenangan menjadi ke-banggaan Calang Bimandra, siswa SMK PGRI 3, Peraih juara 1 bidang lomba refrigator itu menyatakan persaingan di tingkat nasional berat.

“Persaingan ketat. Jadi ya bagus-bagusan skill,” tutur siswa ini.
Menurut dia, lomba itu diikuti 15 orang. Katanya, ia merasa kompetitor beratnya dari siswa SMK DKI Jakarta. “Skill-nya sama, tapi beda sedikit lah,” tuturnya.

Sehingga ia merasa peluangnya fifty-fifty saat itu. Namun ternyata ia yang dinobatkan, sebagai pemenang. Menurut pria kelahiran18 Maret 1998, dengan mengikuti LKS nasional, ia mendapat banyak pengalaman.

“Juga jadi nambah seduluran karena jadi bertambah temannya,” kata bungsu dari dua bersaudara pasangan Kusnadi-Natmiatin ini.

Untuk persiapan ke World Class Competition pada 2017 di Abu
Dhabi, Lukman Hakim, kepaia SMK PGRI 3 menyatakan biasanya untuk dari Direktorat Pendidikan SMK akan memanggil dulu,

“Dengan kemenangan ini, minimal nanti acuan pembelajaran/
peminatan siswa untuk refrigator adalah World Skill Competition,” kata Lukman,

LKS SMK tingkat nasional diikuti oleh T153 peserta. Ada 189 juri dan 1121 guru pendamping. Selain itu ada 83 SMK pengampu se Malang Raya pada 52 bidang lomba dan dua bidang lomba bersifat eksebisi.

Kriteria penilaian yang dipakai adalah LKS SMK tingkat nasional dan World Skill Competition. Sehingga ada beberapa bidang lomba, juara tertingginya juara tiga.

Bahwa ada bidang lomba, juara tertingginya adalah juara harapan 1. Acara disemarakkan dengan sajian paduan suara dari SMKN 2 Kota Malang, (vie/adv)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *